Sejarah Dan Perkembangan Blogger.Com

Sejarah Dan Perkembangan Blogger.Com

Blogger.com merupakan sebuah layanan publikasi yang dibuat oleh Pyra Labs dan sudah diakuisisi (pemindahan kepemilikan) oleh google pada tahun 2003. Blog yang dihost oleh google berada di bawah subdomain blogspot.com. Selain itu, blogger.com juga mengizinkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya ke server lainnya melalui FTP sampai 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, maka semua blog harus disimpan di dalam server google.

Sebagai seorang pengguna internet, tentu saja nama blogger bukan nama yang asing. Mengingat setiap mencari informasi, Anda pasti akan mengunjunginya. Ya, menggunakan blogger Anda bisa menambah penghasilan tambahan menjadi seorang blogger pemula maupun professional. Atau setidaknya Anda bisa berbagi informasi dengan khalayak umum yang ada di luar sana.

Sejarah Blogger.Com Yang Harus Anda Tahu

Pada tahun 23 Agustus 1999, blogger diluncurkan oleh Pyra Labs, sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia. Blogger memiliki peran  besar dalam mempopulerkan format blog di dunia. Pada bulan Februari 2003, Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Hal tersebut tentu memberikan beberapa perubahan seperti, membuat fitur premium. Blogger yang semula dikomersilkan secara gratis, tetapi pada tahun 2004, salah satu pendiri Pyra Labs yakni Evan Williams, mengundurkan diri dari google.

Pada tahun 2004 tepatnya tanggal 9 Mei, blogger melakukan beberapa perubahan pada sistem publikasinya yakni dengan menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email. Pada tanggal 14 Agustus 2006, blooger meluncurkan versi terbaru dalam tahap beta yang diberi nama “Invader”.

Pada tahun 2006, pihak blogger melakukan desain ulang, di mana semua blog yang ada di blogger dimigrasikan ke server Google. Blogger juga mengklaim bahwa layanan terbaru tersebut lebih stabil karena kualitas server yang dimiliki oleh Google lebih baik dari sebelumnya. Layanan blogger yang bermigrasi ke server google memiliki beberapa fitur baru, seperti manajemen label, antarmuka penataan layout template dengan cara geser- dan – letakkan (drag-and-drop), izin pembacaan blog, dan pilihan web feed yang baru. Setiap blog juga diperbarui secara dinamis.

Pada bulan September 2009, Google kembali memperkenalkan fitur terbaru sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya yang ke 10. Fitur tersebut antara lain meliputi tampilan baru untuk menulis post, pemyempurnaan penanganan gambar, dan implementasi berbasis Google Docs, seperti:

  • Menambahkan lokasi penulisan di post
  • Penangalan tulisan ditentukan pada bagian publikasi
  • Pengubahan tautan di mode penulisan (Compose mode)
  • Tampilan pratayang yang menampilkan post dengan perkiraan lebar tulisan dan ukuran font, saat tulisan dipublikasikan
  • Toolbar yang baru dengan tampilan khas Google, waktu pemuatan yang lebih cepat dan tombol Undo- Redo.

 

 

Perkembangan blogger di Indonesia sangat pesat. Bersama rivalnya, wordpress, blogger menjadi salah satu platform yang banyak dipakai. Belum lagi ada banyak fitur menarik yang membuat blog yang Anda buat semakin bagus dan memiliki daya tarik tersendiri. Wajar jika platform ini lebih disayangi blogger disbanding yang lainnya. Nah, agar Anda bisa memiliki blogger tentu saja harus membuatnya terlebih dahulu/

Agar bisa membuat blog Anda harus masuk ke blogger.com dan mengisi semacam formulirnya. Sebelum itu, Anda harus memiliki gmail terlebih dahulu. Sekarang banyak para blogger internasional dan local yang memakai platform ini. Karena memang terus berkembang sesuai dengan kebutuhan blogger dunia.

The following two tabs change content below.

Michael

Perkenalkan saya Alvin Sanjaya membangun website idekita.net untuk memberikan ide - ide menarik.
Updated: April 28, 2019 — 3:30 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *