Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2010 Untuk Pemula

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2010 Untuk Pemula

Di dalam sebuah karya ilmiah, skripsi maupun tesis, terdapat sebuah elemen yang memiliki peran sangat penting yakni daftar isi. Dengan melihat daftar isi di halaman depan, pembaca tentu secara otomatis bisa mengetahui isi dari buku yang sedang dibaca. Selain itu, pembaca juga bisa langsung mengetahui halaman dari bahasan yang ingin dibacanya melalui daftar isi. Yang pasti dengan adanya daftar isi semua buku bisa terbaca dengan baik.

Anda juga bisa mencari mana yang dibutuhkan dengan bantuan daftar isi tersebut. Daftar isi harus dibuat dengan rapi dan teliti agar tidak ada kesalahan dalam menomori bab-bab penting. Kesalahan dalam membuat daftar isi biasanya dilakukan secara manual. Untuk menghindari kesalahan dalam membuat daftar isi, sangat disarankan untuk menggunakan cara membuat daftar isi otomatis microsoft word 2010 seperti yang akan kami bahas ini.

Word merupakan salah satu media untuk pengetikan online yang sangat pas. Di media ini Anda bisa menemukan berbagai fitur menarik yang membuat proses pengetikan bisa lebih mudah dilakukan dan tidak ribet untuk Anda lakukan. Salah satu keuntungan memakai word 2010 adalah bisa membuat daftar isi dengan otomatis. Tentunya dengan fitur ini Anda tidak akan terlalu memakan banyak waktu untuk proses pembuatan daftar isi tersebut.

Langkah Dan Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word Yang Harus Anda Tahu

Daftar isi biasanya dibuat setelah makalah, karya ilmiah, skripsi maupun tesis selesai, jadi pembuatannya dilakukan di akhir. Hal itu menjadi syarat utama pembuatan daftar isi otomatis di word 2010. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan syarat utamanya yakni makalah yang sudah lengkap.

  1. Membuka file makalah, karya ilmiah, skripsi maupun tesis yang sudah lengkap. Tandai seluruh bab mulai dari bab I sampai daftar pustaka (hanya bab saja, tidak termasuk isi bahasan)
  2. Pada menu Home- Style, klik tanda jarum dan klik Save Selection as a New Quick Style
  3. Kemudian beri nama style sesuai dengan keinginan Anda, klik OK/ Save
  4. Masih dalam posisi heading tertandai, klik menu References- Add Text, beri tanda pada opsi level 1
  5. Tandai semua sub heading di makalah, pada menu Home- Styles klik opsi heading 2
  6. Apabila formatnya berubah, Anda bisa memperbaikinya secara manual
  7. Pada posisi sub heading tertandai, Anda bisa klik menu Reference- Add Text, kali ini posisikan ke opsi level 2
  8. Buatlah halaman baru di bagian paling atas dengan Heading Daftar Isi, kemudian klik menu References dan jarum kecil pada opsi Table of Contents, klik Insert Table of Contents
  9. Saat muncul jendela baru, Anda bisa membiarkan pengaturannya seperti default dan klik tombol OK saja
  10. Kini, daftar isi sudah jadi.

Itulah cara membuat daftar isi otomatis melalui word 2010 dan Anda bisa langsung mencobanya. Daftar isi merupakan poin terpenting dari sebuah karya ilmiah. Fungsi dari daftar isi dapat digunakan untuk melihat bab maupun sub bab yang ingin dibaca dengan lebih cepat. Oleh karena itu,  pastikan untuk selalu mengikuti langkah-langkah tersebut, agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Perlu Anda ingat, kesalahan pemberian nomer di daftar isi bisa menjadi kesalahan fatal. Tidak sedikit pejuang skripsi yang harus revisi berulang kali hanya karena masalah sepele seputar daftar isi. Agar Anda tidak mengalami hal yang sama, gunakan informasi seputar cara membuat daftar isi otomatis di word 2010 berikut agar tidak ada kesalahan sedikitpun.

The following two tabs change content below.

Michael

Perkenalkan saya Alvin Sanjaya membangun website idekita.net untuk memberikan ide - ide menarik.
Updated: April 30, 2019 — 3:13 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *