Cara Membuat Daftar Isi Di Word 2010, Cocok Untuk Digunakan Pemula

Cara Membuat Daftar Isi Di Word 2010, Cocok Untuk Digunakan Pemula

Cara membuat daftar isi di Word 2010 yang paling mudah untuk dilakukan pemula. Daftar isi menjadi bagian atau elemen terpenting ketika Anda membuat sebuah karya tulis. Entah itu dalam bentuk karya ilmian, tesis maupun sebuah skripsi. Dengan bantuan halaman tersebut, pembaca ataupun penguji bisa mudah untuk menemukan nomer halaman yang membahas topik atau bahasa tertentu. Tentunya Anda tidak ingin melupakan bagian ini. Karena tanpa bagian ini, karya tulis yang Anda buat akan hampar begitu saja.

Karena peran dan juga formatnya yang cukup unik karena berisi nomer halaman, tentu saja untuk membuat daftar isi itu harus benar-benar teliti dan juga cermat. Untuk membuat daftar isinya Anda bisa menggunakan cara manual. Dari banyak pengalaman, banyak kesalahan yang dilakukan ketika Anda menggunakan pilihan ini. Opsi yang paling baik adalah Anda menggunakan fitur untuk membuat daftar isi dengan cara otomatis. Kami di pembahasan ini akan membahasnya, khususnya untuk pemula. Syarat untuk melakukannya, Anda harus memiliki makalah lengkapnya dahulu.

Cara Mudah Untuk Membuat Daftar Isi Word 2010 Yang Cocok Untuk Dicoba Pemula

Word merupakan salah satu media terbaik untuk membuat daftar isi dengan benar. Word sendiri sudah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Sekarang sudah ada word 2010 yang bisa Anda gunakan. Agar Anda tidak salah, berikut cara untuk membuat daftar isi menggunakan word 2010:

  1. Buka dulu karya tulis yang ingin dibuatkan daftar isi. Tandai seluruh bab hingga daftar pustaka. Ingat, Anda hanya perlu menandai babnya saja. Pilih menu “Home-Style”. Pilih tanda jarum dan selanjutnya klik Save Selection as A New Quick Style. Selanjutnya, beri nama sesuai dengan keinginan. Klik OK atau Save
  2. Masih di posisi heading tertandai, pilih menu References – Add Text dan beri opsi Level 1
  3. Berikutnya, tandai semua sub yang ada di makalah tadi. Di menu Home Style klik saja opsi heading 2. Apabila formatnya berubah, Anda bisa mengaturnya secara manual jika memungkinkan
  4. Masih di posisi sub heading yang tertandai, klik Reference – Add Text dan posisikan di pilihan Level 2
  5. Buat halaman baru dibagian atas menggunakan heading Daftar Isi. Pilih References dan klik jarum kecil dibagian opsi Table of Contents. Berikutnya klik Insert Table of Contents.
  6. Jika sudah muncul jendela baru, biarkan saja pengaturannya Default dan langsung klik Ok.
  7. Nah, dari sini daftar isi yang And ainginkan sudah selesai dibuat.

Itu merupakan cara membuat daftar isi di word 2010 yang bisa Anda gunakan. Sebenarnya untuk word yang lainnya memiliki cara yang berbeda. Daftar isi merupakan bagian yang penting sehingga tidak boleh dilupakan begitu saja. Melalui halaman daftar isi, Anda sebagai pembaca bisa menentukan halaman mana yang ingin dibaca atau ingin dicari. Sehingga proses pencariannya bisa lebih mudah dan menghemat waktu.

Untung saja word 2010 menyediakan fitur khusus untuk membuat daftar isi. Sehingga pembuat karya tulis tidak perlu susah payah atau kesulitan lagi untuk membuat daftar isi. Nah, Anda yang belum bisa membuat daftar isi, bisa langsung mengikuti cara yang sudah kami berikan. Sangat mudah dan sederhana wajar jika pemula tidak akan kesulitan. Itu saja pembahasan dari kami dan semoga bermanfaat untuk Anda.

The following two tabs change content below.

Michael

Perkenalkan saya Alvin Sanjaya membangun website idekita.net untuk memberikan ide - ide menarik.
Updated: April 28, 2019 — 3:04 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *